RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMK Bina Pendidikan 3
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : XI / 2
Pertemuan Ke- : ...................................
Alokasi Waktu : ( Jumlah pertemuan dikalikan dengan waktu belajar)
Standar Kompetensi : Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan
kerja
Kompetensi Dasar : Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan
kerja
Indikator :
Ø Mengikuti prosedur keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja dengan benar
Ø Mengidentifikasi dan melaporkan pelanggaran prosedur kesehatan dan keselamatan kerja
Ø Membuat laporan segala bentuk perilaku dan kejadian-kejadian yang mencurigakan pada orang yang berwenang
B. Tujuan Pembelajaran :
Ø Setelah mendapatkan informasi tentang keamanan kerja, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi keamanan di lingkungan kerja
Ø Setelah memperoleh informasi tentang kesehatan dan keselamatan kerja, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi kesehatan dan keamanan dengan benar sesuai aturan perusahaan dan pemerintah
Ø Setelah melakukan tanya jawab, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi dan membuat laporan pelanggaran kemanan, kesehatan, dan keselamatan yang terjadi di tempat kerja kepada pihak terkait.
Ø Setelah melakukan tanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keamanan, siswa diharapkan dapat melaporkan segala bentuk perilaku dan kejadian-kejadian yang mencurigakan pada orang yang berwenang
C. Materi Pembelajaran :
Ø Identifikasi kesehatan di lingkungan kerja
Ø SOP kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
Ø Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional
Ø Prosedur keselamatan, dan keamanan yang berlaku di industri
D. Metode Pembelajaran :
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal :
Ø Mengecek kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
Ø Apersepsi
Ø Penyampaian tujuan
2. Kegiatan Inti :
Ø Siswa menjelaskan pengertian kemanan, kesehatan, dan keselamatan kerja
Ø Siswa mengidentifikasi tujuan kemanan, kesehatan, dan keselamatan kerja
Ø Siswa menyebutkan dan menjelaskan pasal-pasal dalam undang-undang ketenagakerjaan yang berkaitan dengan keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja
Ø Siswa mencermati hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara internasional
Ø Siswa mengemukakan upaya-upaya pencegahan kecelakaan kerja agar tujuan kesehatan dan keselamatan kerja dapat tercapai
Ø Siswa mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
Ø Siswa membuat laporan kejadian pencurian/kejadian yang mencurigakan baik secara lisan maupun tulisan
3. Kegiatan akhir :
Ø Siswa mengerjakan latihan soal
Ø Siswa melakukan tanya jawab
Ø Guru memberikan penguatan
Ø Guru memberikan penilaian
F. Sumber Belajar : Modul Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan
kesehatan kerja, penerbit Trans.
G. Penilaian :
Ø Teknik : Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan
pekerjaan siswa
Ø Instrument : Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan atau essay
Gn.Putri, Juli 2010
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) Nurdin Arivin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMK Bina Pendidikan 3
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : ...................................
Alokasi Waktu : ( Jumlah pertemuan dikalikan dengan waktu belajar)
Standar Kompetensi : Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan
kerja
Kompetensi Dasar : Menghadapi situasi-situasi darurat/emergency
Indikator :
Ø Mengidentifikasi keadaan darurat beserta potensinya dan menentukan tindakan yang dibutuhkan
Ø Mengikuti prosedur keadaan darurat sesuai prosedur perusahaan
Ø Meminta bantuan dari rekan sejawat dan atau orang yang mempunyai wewenang
Ø Membuat laporan secara rinci mengenai keadaan darurat sesuai dengan aturan
B. Tujuan Pembelajaran :
Ø Setelah melakukan analisa tentang kondisi bahaya di tempat kerja, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi keadaan darurat beserta potensinya dan mengambil tindakan yang dibutuhkan
Ø Setelah menerima informasi tentang bahaya di tempat kerja, siswa diharapkan dapat bersikap apresiatif terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat
Ø Setelah diberikan penjelasan, siswa diharapkan dapat mengulang kembali informasi tentang jenis-jenis bahaya di tempat kerja yang disampaikan oleh guru
Ø Setelah melakukan pengamatan, siswa diharapka dapat mengikuti tanda-tanda peringatan bahaya di tempat kerja dan di tempat umum
Ø Setelah diberikan penjelasan, siswa diharapkan dapat mengenali karakteristik tamu/pelanggan yang mencurigakan
Ø Setelah melakukan observasi ke beberapa tempat, siswa diharapkan dapat menentukan langkah prosedur keadaan darurat yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi tempat tersebut
Ø Setelah diberikan penjelasan, siswa diharapkan dapat mengoperasikan perlengkapan siatuasi darurat
C. Materi Pembelajaran :
Ø Kondisi bahaya di tempat kerja
Ø Perlengkapan yang digunakan dalam situasi darurat
Ø Langkah-langkah situasi darurat (evakuasi)
D. Metode Pembelajaran :
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Latihan
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal :
Ø Mengecek kesiapan belajar siswa dan ruang kelas
Ø Apersepsi
Ø Penyampaian tujuan
2. Kegiatan Inti :
Ø Siswa melakukan analisa tentang kondisi bahaya yang mungkin timbul di tempat kerja
Ø Siswa menjelaskan sikap apresiatif terhadap pencegahan terjadinya siatuasi darurat
Ø Siswa menyebutkan jenis-jenis bahaya yang mungkin timbul di tempat kerja
Ø Siswa mengartikan tanda-tanda peringatan bahaya di tempat kerja
Ø Siswa mengenali karakteristik tamu/pelanggan yang mencurigakan
Ø Siswa menentukan prosedur penanganan keadaan darurat yang tepat sesuai dengan kondisi tempat kerja
Ø Siswa mengoperasikan perlengkapan penanganan situasi darurat
3. Kegiatan akhir :
Ø Siswa mengerjakan latihan soal
Ø Siswa melakukan tanya jawab
Ø Guru memberikan penguatan
Ø Guru memberikan penilaian
F. Sumber Belajar :
Ø Modul Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, penerbit: Trans, Jakarta
Ø Buku-buku referensi yang relevan dengan materi yang diajarkan
G. Penilaian :
1.Teknik : Penilaian proses dari hasil perkembangan pemahaman dan
pekerjaan siswa
2. Instrument : Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan atau essay
Gn.Putri, Juli 2010
Mengetahui:
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) Nurdin Arivin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah : SMK Bina Pendidikan 3
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan Ke- : ...................................
Alokasi Waktu : ( Jumlah pertemuan dikalikan dengan waktu belajar)
Standar Kompetensi : Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan
kerja
Kompetensi Dasar : Menjaga standar keamanan penampilan pribadi
Indikator :
Ø Menunjukkan penampilan pribadi yang sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja
B. Tujuan Pembelajaran :
Ø Setelah menerima informasi tentang kebersihan dan kesehatan pribadi, siswa diharapkan dapat memiliki kesadaran tentang hygiene personal
Ø Setelah melakukan diskusi dengan siswa lain, siswa diharapkan dapat lebih responsif terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat kesehatan pribadi
Ø Setelah menyusun artikel tentang kesehatan, siswa diharapkan dapat menyebutkan berbagai macam infeksi dan penyakit akibat kerja dan cara menghindarinya
Ø Setelah menyimpulkan materi yang disampaikan oleh guru, siswa diharapkan dapat mengaplikasikan cara bekerja yang aman
Ø Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa diharapkan dapat menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
C. Materi Pembelajaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar